Pura Goa Gajah

alterntif text alterntif text

 

Goa Gajah adalah sebuah pura yang berbentuk menyerupai gajah, Pura Goa Gajah terletak di Desa Bedulu, kecamatan Blahbatuh kabupaten Gianyar – Bali. Jaraknya sekitar 30 km dari denpasar dan kira-kira 50 km dari bandara ngurah rai, sangat dekat dengan ubud yaitu 5 km. Di sepanjang perjalanan terdapat hamparan sawah dan udara yang segar. Pura goa gajah sekarang menjadi salah satu tempat wisata yang ramai di kunjungi wisatawan karena tempatnya yang bagus dan jalurnya searah dengan jalur wisata lainnya seperti ubud, tampaksiring dan kintamani. Untuk mencapai pura goa gajah kita harus menuruni beberapa tangga  yang berkelok sekitar 10 menit jalan kaki, karena goa gajah berada di bawah tanah yang dulunya sudah terkubur dan di gali kembali setelah di temukan lumayan berkeringat untuk perjalanan ini dan sedikit mambakar kalori tubuh.

Nama Pura Goa Gajah  Diperkirakan berasal  dari perpaduan nama Pura Guwa dengan Ergajah dan Lwa Gajah yaitu nama-nama yang ada dalam prasasti. Nama-nama Anta Kunjarapada dan Ratna Kunjarapada itu dari akhir abad kesepuluh sampai akhir abad ke Empat belas ( Negara Kertagama ). Peninggalan Purbakala yang terdapat di sekitar pura merupakan bukti bahwa goa gajah adalah kerajaan bali kuno

Di pelataran Pura Goa Gajah terdapat Petirtaan kuno dengan ukuran 12 x 23 Meter, terbagi atas tiga bilik. Dibilik utara terdapat 3 buah Arca Pancuran dan di bilik Selatan ada 3 buah Arca Pancuran pula, sedangkan di bilik tengah hanya terdapat apik arca.  Di sekitar goa juga terdapat kolam pertitaan dengan tujuh patung widyadara-widyadari yang sedang memegang air suci. Konon ketujuh pancuran ini sebagai perlambang tujuh sungai penting yang sangat dihormati di India

Lebih kurang 13 meter di sebelah utara Petirtaan terdapat Goa atau Ceruk Pertapaan berbentuk huruf T. Lorong Goa berukuran : lebar 2,75 Meter, tinggi 2,00 Meter. Dikiri kanan lorong terdapat ceruk-ceruk untuk bersemedi, jumlahnya 15 buah. Pada ceruk paling Timur terdapat Trilingga dan diujung Barat terdapat Arca Ganeca.

Dihalaman Goa Pura Gajah diketemukan pula Fragmen bangunan yang belum bisa direkonstruksi. Tembok keliling menjadi penanggul tebing disebelah Barat pula ini. Lebih kurang 100M disebelah Selatan Petirtaan didapati sisa-sisa Percandian Tebing. Sebagian kaki candi itu masih ada bagian – bagian yang lain telah runtuh ke kaki yang ada di depannya.

Sedangkan peninggalan agama Buddha dapat ditemukan di sebelah selatan Goa Gajah melalui parit yaitu berupa arca Buddha dalam sikap Dhyani Buddha Amitaba. Buddha dalam sikap Dhyani Buddha Amitaba ini dalam sistem pantheon Buddha Mahayana sebagai Buddha pelindung arah barat alam semesta.

Pura-pura lain yang merupakan obyek wisata  favourite di bali yaitu : Pura Uluwatu, Pura Besakih, Pura Taman Ayun, Pura Tanah Lot , Pura tirta empul.

OPERATED BY : CV. DIWANGKARA BALI - Diwangkara Tour, Jl. Pulau Biak 2 no.18 - Denpasar-Bali-Indonesia, Office Phone: (+62-361) 486843 {office hours} - Fax: (+62-361) 486843, Mobile : 081 239 161 135 , 085 738 532 467, Email : info@panoramabalitour.com, Website: http://panoramabalitour.com/, Tour ke Bali, Copyright © 2016