browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Monumen Bajra Sandi

Monumen Bajra Sandhi terletak di pusat kota denpasar,  lokasinya strategis yaitu di kawasan pusat pemerintahan provinsi bali, tepatnya di lapangan niti mandala renon.
Monumen Bajra Sandhi atau lebih di kenal dengan monumen perjuangan rakyat bali mulai di bangun pada tahun 1987 dan diresmikan oleh presiden Megawati Sukarno Putri pada tanggal 14 Juni 2003 yang kala itu menjabat sebagai presiden  republik indonesia.

Di dalam Monumen ini terdapat 33 unit diorama berbentuk melingkar dan di lengkapi dengan penjelasan di setiap dioramanya, ukuran setiap diorama kira-kira 1,2m x 1m sehingga pengunjung bisa mengamati dengan jelas. Diorama-diorama ini menggambarkan perjalanan sejarah rakyat Bali dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan republik indonesia.

Memasuki monumen kita akan melihat diorama tentang  manusia purba dengan aktifitasnya yaitu berburu dan meramu tanaman sebagai obat di saat sakit. Diorama selanjutnya adalah masa kerajaan bali yang menggambarkan kehidupan rakyat bali yang dipimpin oleh raja, masa peperangan melawan penjajah , dan masa setelah kemerdekaan. Proses pembangunan universitas udayana juga terdapat di akhir diorama ini.

Kita juga dapat menaiki tangga yang melingkar untuk menikmati udara segar sambil menikmati keindahan pemandangan dan suasana sekitar monumen dari puncak monumen yang tingginya mencapai 45 meter.  Monumen Bajra Sandhi juga dekat dengan obyek wisata lainnya seperti pantai sanur dan museum bali.